Monday, July 5, 2010

Persyaratan Penelitian

Tanpa adanya penelitian, pengetahuan tidak akan bertambah maju. Padahal pengetahuan adalah dasar semua tindakan dan usaha. Jadi penelitian sebagai dasar untuk meningkatkan pengetahuan, harusdiadakan agar meningkat pula pencapaian usaha-usaha manusia.
Ada tiga persyaratan pentingdalam mengadakan kegiatan penelitian yaitu: sistematis, berencana, dan mengikuti konsep ilmiah.
Sistematis : artinya dilaksanakanmenurutpolatertentu,dari yang paling sederhana sampai kompleks hingga tercapai tujuan secara efektif dan efisien.
artinya dilaksanakan dengan adanya unsur dipikirkan langkah-langkah pelaksanaannya.

Berencana Mengkuti konsep ilmiah
artinya mulai awal sampai akhir kegiatan peneli­tian mengikuti cara-cara yang sudah ditentukan, yaitu prinsip yang digunakan untuk memperoleh ilmu pengetahuan.
Apabila diterapkan dalam kegiatan penelitian maka urut-urutannya adalah sebagai berikut:
1.Penelitian dihadapkan pada suatu kebutuhan atau tantangan. Ingat, John Dewey dalam reflective thinking menyebutkan the fe/t need.
2.Merumuskan masalah, sehingga masalah tersebut menjadi jeias batasan, kedudukan, dan aiternatifcara untuk pemecahan masalah.
3.Menetapkan hipotesis sebagai titik toiak mengadakan tindakan menentukan alternatif pemecahan yang dipilih.
4.Mengumpuikan data untuk menguji hipotesis {collection of data as evidence).
5.Mengambil kesimpulan berdasarkan hasil pengohahan data dan dikembalikan kepada hipotesis yang sudah dirumuskan.
6.Menentukan kemungkinan untuk mengadakan generalisasi dari kesimpulan tersebut serta implikasinya di masa yangakah datang. Menurut Prof. Drs. Sutrisno Hadi MA., ini disebut refleks dan bertujuan untuk menilai pemecahan-pemecahan baru dari segi kebutuhan-kebutuhan masa mendatang.*)

No comments:

Post a Comment